Sabtu, 16 Februari 2013

Makam Siti Sundari di Desa Bulupayung


Desa Bulupayung desa kecil di wilayah Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Adimulnyo Kebumen dengan penduduk yang manyoritasnya bertani. Desa yang dianggap oleh desa sekitar sebagai desa yang seram. Menurut penduduk desa sekitar, kalau malam hari setiap melintas disisi sebelah utara desa sering diperlihatkan dengan sosok wanita muda cantik dengan rambut panjang hapir menyentuh tanah. Dan itu selalu nampak dijalan utara desa sisi tengah yang kalau di urutkan lurus dengan jalan yang dari arah desa Banyuroto.

Penduduk sekitar selalu mengkaitkan dengan keberadaan makam tua yang ada disisi perempatan jalan. Makam yang ditumbuhi gundukan tanah yang menyerupai gundukan rayap. Yang keberadaan makamnya sangat dikeramatkan oleh para penduduk desa. Memang betul makam tersebut adalah makam Siti Sundari putri dari P. Trenggono dan Nyai Maduretno yang makamnya berada tidak jauh, yaitu di sebelah timurnya.

Konon cerita menurut penduduk desa Bulupayung Siti Sundari adalah sosok wanita muda yang sangat cantik parasnya, putih bersih kulitnya dan rambutnya panjang hitam lebat. Kecantikan Siti Sundari sangat terkenal di desa sekitar bahkan sampai ke kadipaten hingga kerajaan. Maka tidak heran banyak pemuda dan pangeran yang ingin mempersuntingnya.

Menurut cerita karena kulitnya sangat putih dan bersih sampai-sampai ketika minum aliran airnya terlihat dari tenggorokanya. Bisa dibayangkan seperti apa putihnya putri tersebut, silahkan boleh percaya boleh tidak ?.

Tetapi tragis nasib Si Gadis ini, Dia meninggal dengan cara bunuh diri. Menurut crita yang saya peroleh Dia galau dan risau karena banyak pemuda yang ingin mempersuntingnya tetapi Dia tidak bisa menentukan mau memilih pemuda yang mana. Mungkin pikir Dia daripada menyakiti salah satu dari pemuda tersebut lebih baik mengahiri hidupnya saja.. Whow...seperti kayak di sinetron aje... Tetapi sebelum mengahiri hidupnya Dia sempat mengeluarkan kalimat semacam sumpah isinya  kira-kira seperti ini :

"Kelak di desa ini tidak akan ada wanita cantik yang rambutnya panjang dan lebat, kalaupun dia cantik rambutnya tidak akan panjang dan lebat, kalau ada wanita yang cantik dengan rambut panjang maka umurnya tidak akan lama"   

Ouuuwww....  sangat emosional.. isi sumpahnya, semoga saja sumpah itu tidak berlaku lagi. Dan banyak saya liat di desa Bulupayung wanita-wanita cantik, Alhamdulillah mereka baik-baik saja atau memang juga yang cantik kebetulan tidak berambut panjang, paling cuma sebahu atau sepunggung belum ada yang panjangnya sampai lutut apalagi sampai tanah. Entahlah....yang jelas jangan menjadikan kita Syirik....

Itulah cerita sedikit tentang sosok wanita yang dimakamkan disisi utara desa Bulupayung sebelah barat. Sebetulnya masih ada lagi makam tua yang berada di sebelah timur desa dia masih saudara laki-laki dari Siti Sundari namaya P Joyo kusumo. Lain waktu kita ulas makam tersebut...

Asal Mula Nama Desa Bulupayung
Bulupayung - Kebumen ....
Paguyuban Bulupayung & Duduhan
Makam P. Trenggono dan Nyai Maduretno di Desa Bulupayung


Tidak ada komentar:

Posting Komentar