Minggu, 03 Mei 2009

Paguyuban Bulupayung & Duduhan

Paguyuban ini terbentuk atas dasar kepentingan bersama penduduk Dusun Bulupayung Desa Mangunharjo Kecamatan Adimulnyo Kabupaten Kebumen Propinsi Jawa Tengah Indonesia. Sudah menjadi kebiasaan para pemuda/pemudi di dusun ini bahwa selepas sekolah (SMA) akan meninggalkan kampungnya untuk melanjutkan studinya ataupun mencari pekerjaan ke daerah lain (perkotaan), karena di Dusun Bulupayung ini tergolong daerah agak terpencil untuk ukuran pulao jawa. Itulah yang mendasari pembentukan Paguyuban Bulupayung & Duduhan, kenapa ada Duduhan, dan bukan paguyuban Mangunharjo? (lengkapnya baca di Bulupayung Kenbumen)

Dari 5 Dusun yang ada di Desa Mangunharjo yaitu Dusun Bulupayung, Duduhan, Cangkringan, Karangkambang dan Criwik, pemuda Bulupayunglah yang paling banyak merantau sebetulnya ada keinginan untuk menggabungkan kelima dusun tersebut, tetapi banyak hambatan ataupun pertimbangan. Kemudian Dusun Duduhan ikut bergabung karena lebih disebabkan adanya ikatan emosional yang lebih dekat dengan Dusun Bulupayung dan punya kesamaan.

Paguyuban Bulupayung & Duduhan dibentuk atas dasar kebersamaan atau merasa senasib hidup jauh dari kampungnya, dengan demikian silahturahmi dan komunikasi akan tetap terjalin. Selain itu juga yang terpenting dapat ikut berperan membantu pembangunan di kampunnya semisal perbaikan jalan, membangun sarana-sarana umum dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan usaha kemajuan kampung halamannya.

Untuk menjalin silahturahmi diantara anggota, Paguyuban Bulupayung & Duduhan juga membuka kantor perwakilan yaitu di Dusun Bulupayung dan di Jakarta dan kedepan akan membuka kantor cabang lagi di kota lain sesuai perkembangan, kegiatan untuk mempererat silahturahmi paguyuban ini biasa melakukan pertemuan sesuai kebutuhan atau yang sudah menjadi agenda rutin adalah mengadakan acara Halal bi Halal setiap tahun yang dilakukan setiap bulan Syawal selepas Idhul Fitri, dan tempatnya bergantian antara Bulupayung dan Jakarta, dan selalu di ikuti dengan acara kesenian semisal pagelaran Wayang Kulit atau yang lainya.
Ok kan...!!!
 
Asal Mula Nama Desa Bulupayung
Bulupayung - Kebumen ....
Makam P. Trenggono dan Nyai Maduretno di Desa Bulupayung
Makam P. Joyo Kusumo di Desa Bulupayung

4 komentar:

  1. saya orang bulupayung pak....
    dalemme ngajenge pak kalimun
    salam kenal

    BalasHapus
  2. nepangaken nami kulo enno atau eko
    saking bulupayung
    nami kawulo ingkang asli : edy sarwono
    RT 02 RW 03
    saking bulupayung
    maturnuwun

    BalasHapus
  3. Maturnuwun ingkang sampun maringi komentar..
    ingkang gadah Facebook monggo kulo aturi ngempal teng Grup Paguyuban Bulupayung & Duduhan, supados saget crita-crita...

    BalasHapus
  4. Sukses buat Paguyuban Bulu Payung & Duduhan. Kayanya malam ini (15 September) sedang ada acara halal bi halal di dekat Pasar Kemayoran ya....

    BalasHapus