Kamis, 17 Agustus 2017

Saya Bulupayung Saya Indonesia

17 Agustus adalah tanggal dan bulan yang istimewa bagi bangsa Indonesia tak terkecuali semua warga desa Bulupayung kelurahan Mangunharjo Kabupaten Kebumen. 72 tahun yang lalu negara Indonesia lahir dengan di umumkan kemerdekaanya yang di bacakan oleh Ir Soekarno presiden pertama Indonesia.

Ketika di berbagai media memberitakan Indonesia sedang terjangkit penyakit intoleran dan banyak munculnya berita kebencian antar golongan, desa Bulupayung nan jauh disana beratus ratus kilaometer dari Ibukota Jakarta sama sekali tidak terpengaruh, mereka tetap bangga menjadi orang Indonesia. 

Di hari Itu kamis 17 Agustus 2017 setelah waktu dzuhur anak anak berkumpul di halaman masjid desa untuk merayakan kemenangan 72 tahun Indonesia merdeka. Berbagai perlombaan di gelar oleh pemuda karangtaruna jenis perlombaanya masih dalam tradisi tujuhbelasan dari mulai makan kerupuk, tarik tambang, balap karung dan masih banyak lagi.

Bukan jenis lombanya yang kita lihat tetapi makna dan rasa kebanggaan sebagai orang Indonesia, lomba tersebut hanya semata mata perwujudan rasa syukur dan kegembiraan karena Indonesia sudah menjadi negara yang besar yang bisa di banggakan, terlepas dari berbagai masalah yang sering muncul dalam masyarakat bernegara. 
.
Salah satu sudut desa Bulupayung
Semangat dalam memaknai kemerdekaan juga terus di lestarikan oleh generasi berikutnya. Seperti perlombaan tarik tambang yang keliatanya sederhana tetapi mempunyai arti gotong royong dan kerjasama. Sekuat apapun kita tidak akan bisa memenangkan permainan ini sendirian

Balap karung juga mempunyai arti yang sangat dalam yaitu kegigihan, keuletan, kerja keras dan terpenting adalah tidak gampang menyerah, jatuh bangun adalah hal yang biasa dalam balap karung. Berbagai semangat inilah yang membawa Indonesia kepada kemerdekaan.
.
Salah satu kemeriahan HUT RI ke 72
Indonesia merdeka sebagai satu kesatuan negara dan bangsa yang memiliki Pancasila sebagai dasar negara, idiologi nasional dan falsafat atau pandangan hidup bangsa yang terbukti tangguh dalam melewati perjalanan sejarah politik Indonesia. Pada masa kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Jusuf Kalla telah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila dengan Kepres Nomor 24/2016 dan juga tanggal tersebut sebagai hari libur nasional, yang temanya adalah "Saya Indonesia Saya Pancasila".

Maka berbanggalah yang terlahir sebagai orang Indonesia karena mempunyai kultur jiwa semangat yang tinggi tanpa mudah menyerah, Jayalah Indonesiaku.

Dirgahayu Republik Indonesia yang ke. 72  "MERDEKA...!!!!"




Tidak ada komentar:

Posting Komentar